Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo PENGADILAN NEGERI KELAS 1B BONDOWOSO

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN NEGERI KELAS 1B BONDOWOSO

Jalan Santawi No.59, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Kode Pos : 68216

Telp. (0332) 421091 Fax. (0332) 422454, e-mail : pn.bondowoso@yahoo.co.id

Jaringan Dokumentasi Informasi HukumSIPPE-CourtSIWASEraterang


Logo Artikel

URAIAN TUGAS

Kasubag Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana

Staf Bagian Kepegawaian :

  • Melayani kebutuhan pegawai yang mengajukan kepemilikan Kartu Askes, Kartu Taspen da, Kartu Pegawai.
  • Membuat absen Hakim dan Pegawai
  • Membuat laporan bulanan.
  • Menerima dan menyelesaikan serta menyiapkan surat-surat masuk dibidang kepegawaian.
  • Menerima dan menyelesaikan serta menyiapkan surat-surat keluar dibidang kepegawaian.
  • Membuat Beszetting Pegawai
  • Membuat Daftar urut Kepangkatan.
  • Membuat usulan kenaikan pangkat
  • Membuat usulan kenaikan gaji berkala.

 


Kasubag Umum dan Keuangan

Bendahara Penerima :

  • Melaksanakan tugas kebendaharaan yang bersumber dari Penerimaan Negara Bukan Pajak :
  • Penerimaan Negara Bukan Pajak dan menyetor ke Kas Negara.
  • Membuat laporan Bulanan, Triwulan dan Tahunan.

Bendahara Pengeluaran :

  • Melaksanakan tugas-tugas kebendaharaan yang bersumber dari pelaksanaan dan Belanja Negara
  • Membuat laporan SAI

Staf Keuangan :

  • Operator Komputer untuk Laporan SAI, dan SABMN dan Laporan-laporan Keuangan.

 

Bagian Umum :

  • Meregister surat masuk dan keluar.
  • Mengirim surat-surat keluar.
  • Menyerahkan surat-surat masuk kepada Ketua melalui Pansek.
  • Menyiapkan kartu kendali surat masuk.
  • Membuat laporan bulanan Kegiatan Administrasi.
  • Menginventarisir semua barang milik Negara
  • Membuat laporan barang inventaris :
    -Tribulan.
    -Semester.
    -Tahunan.
  • Menerima mencatat, mengklasifikasikan, memberi nomor kode buku-buku perpustakaan.
  • Melebel buku-buku.
  • Mengelompokan buku-buku sesuai dengan jenis.
  • Membuat catalog.
  • Mengisi register pinjaman.
  • Melasanakan pengamanan, perawatan dan kebersihan kantor, termasuk gedung, perlengkapan serta sarana lainnya.

 


Sekretaris

Sekretaris :

  • Membantu Pimpinan Pengadilan dalam membuat program kerja jangka pendek dan jangka panjang, pelaksanaannya serta perorganisasiannya.
  • Membantu Sekretatis didalam membina dan mengawasi pelaksanaan tugas-tugas kesekretariatan (administrasi perkantoran).

Kasubag Umum dan Keuangan :

  • Mengkoordinir tugas-tugas yang ada pada bagian umum dan bertanggung jawab atas pekerjaan di bagian umum dengan 3(tiga) orang staf.
  • Penanggung jawab dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas pokok keuangan.
  • Menyajikan bahan untuk penyusunan RKA-KL.
  • Menerima SPP, memeriksa kelengkapan berkas SPP, mengisi cheek list kelengkapan berkas SPP dan membuat / menanda tangani.
  • Penerbit SPM, melakukan pengujian atas SPP. Sebagai berikut :
    - Memeriksa secara rinci dokumen pendukung SPP sesuai ketentuan yang berlaku.
    - Memeriksa ketersediaan pagu anggaran dalam DIPA untuk memperoleh keyakinan bahwa    tagihan tidak melampaui batas pagu anggaran.
    - Memeriksa kesesuaian rencana kerja dan atau kelayakan hasil yang dicapai dengan indikasi keluaran.
    - Memeriksa kebenaran atas tagihan yang menyangkut antara lain :
    - Pihak yang ditunjuk untuk menerima pembayaran (nama orang/perusahaan) Alamat, Nomor Rekening dan Nama Bank.
    - Nilai tagihan yang harus dibayar (kesesuaian dan atau kelayakannya dengan prestasi kerja yang dicapai sesuai spesifikasi teknis yang tercantum dalam kontrak).
    - Jadwal waktu pembayaran.

Kasubag Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana :

  • Mengkoordinir tugas-tugas yang ada pada bagian kepegawaian dan bertanggung jawab atas pekerjaan di bagian kepegawaian dengan 2(dua) orang staf.

Kasubag Perencanaan, Tehnologi Informasi dan Pelaporan :

 


Kasubag Perencanaan, Tehnologi Informasi dan Pelaporan

URAIAN TUGAS

 

1. Membuat dan Menyusun RKAKL.

2. Membuat Revisi DIPA dan POK.

3. Melakukan Inventarisir dan Penanganan terhadap Hardware / Pengolah Data yang rusak.

4. Melakukan Pemeliharaan terhadap Website.

5. Melakukan Pengisian / Pembaharuan Konten Website.

6. Melakukan Monitoring Sistem Infomasi Penelusuran Perkara (SIPP).

7. Membuat dan Menyusun LAKIP dan Laporan Tahunan.


Kepaniteraan Pengganti dan Jurusita

Panitera Pengganti :

  1. Membantu Hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya sidang Pengadilan.
  2. Membantu Hakim dalam hal :
  3. Membuat penetapan hari sidang.
  4. Membuat penetapan sita jaminan.
  5. Membuat berita acara persidangan yang harus selesai sebelum sidang berikutnya.
  6. Membuat penetapan mengenai status terdakwa.
  7. Melaporkan barang bukti kepada Panitera.
  8. Mengetik putusan.
  9. Melaporkan kepada Panitera Muda Predata/Pidana untuk dicatat dalam register perkara.
  10. Penundaan hari-hari sidang.
  11. Perkara yang sudah putus berikut amar putusannya.
  12. Menyerahkan berkas perkara kepada Panitera Muda Perdata/Pidana bila telah selesai diminutasi.

 

Jurusita :

  1. Melaksanakan semua perintah yang diberikan oleh Ketua Pengadilan, Ketua Majelis sidang dan Panitera.
  2. Menyampaikan pengumuman=pengumuman, tegoran-tegoran, protes-protes, dan pemberitahuan putusan Pengadilan menurut cara-cara berdasarkan ketentuan Undang-Undang.
  3. Melakukan penyitaan atas perintah Ketua Pengadilan Negeri dan dengan teliti melihat lokasi batas-batas tanah yangf disita beserta surat-suarat yang sah apabila menyita tanah.
  4. Membuat berita acara penyotaan, yang salionan resminya diserahkan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
  5. Melaksanakan tugas di wilayah Pengadilan Negeri yang bersangkutan.


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas